Informasi Lowongan Kerja

[Indonesia]   [Index]   [Cabling]   [Tracking]   [Pole Instalation]   [Miscellaneous]   [Download]   [Contact]   [Keys Section]

:: Home > Indonesia > “Mega-struktur” Parabola 5 Meter   ::
[20 September 2017 ] INFO *** BISS dan Tandberg Key (real time update)

“Mega-struktur” Parabola 5 Meter

by Ingo Salomon

Tele Satellite Magazine

 

Adalah judul acara pada Saluran National Geographic dan tetangga saya selalu mengatakan bahwa saya menonton acara ini terlalu sering. Ada juga tetangga lain yang meyakini saya bekerja untuk KGB. Apa yang ingin saya lakukan adalah menonton TV!

Dimulai sejak lebih dari setahun yang lalu. Saya membaca sebuah iklan di koran lokal: “Dijual piringan lima-meter, telah dilepas”. Dalam dua jam saya telah berada di tempat mereka, 170 km dari rumah saya. Tetapi cukup mengagetkan, setengahnya hilang dan sepertinya antena buatan sendiri 15 tahun lalu dan berkarat. Milik pengumpul besi bekas. Namun karena saya sudah berada di sana, I menawar harga dan berakhir dengan membawanya pulang ke rumah.

Bagian-bagian antena tersebut diliputi debu untuk setahun lagi di rumah – 18 lengan penopang dengan 18 panel aluminium yang telah berubah bentuk, tiga pemegang LNB dan beberapa bagian yang tidak teridentifikasi. Bagian tengah hilang seluruhnya. Sehingga saya membuat sendiri bagian tengah ini dengan diameter luar 260mm dan diameter dalam 145mm. Setiap 20° diratakan dan lubang dibor sehingga lengan penopang dapat dipasang. Harus dilakukan oleh saya sendiri.

Selanjutnya adalah waktu untuk pemasangannya di atas tanah dengan bantuan lingkaran 2-meter. Setelah itu panel aluminium dibentangkan dengan penekanan dan dipasang dengan 486 sekrup.

Ini hanyalah permulaan karena antena seperti ini memerlukan tiang yang stabil. Saya menggunakan baja konstruksi berukuran 150x150x6mm dan mengelasnya menjadi tiang berukuran enam meter. Masalah selanjutnya: bagaimana memasangnya secara vertikal. Dengan kata lain, siapa yang ingin berada di 8,5 meter di atas tanah untuk memasang LNB? Jawabannya adalah menggunakan pengangkat hidrolik untuk memindahkannya ke posisi. Apa? Tiang tali jemuran menghalangi? Tidak masalah, tumbangkan saja.
 

Bagian pusat antena dengan 18 panel berjarak 20°

 

Seluruh lengan penopang sudah terpasang, selanjutnya pemasangan panel aluminium reflektor

     

Sebuah actuator dilas di tiang untuk menggerakkan antena“

Biasanya, keseluruhan konstruksi perlu diberi motor. Kenapa perlu usaha ini jika hanya ingin dipasang tetap pada satu satelit? Lucu. Sebuah silinder hidrolik dengan daya 4000Kg diperlukan sehingga antena raksasa ini dapat dikendalikan oleh satu orang saja.

Tentu saja saya menginginkan penerimaan Ku-band serta C-band maka saya memotong ujung LNB Ku-band offset dan memperpanjangnya dengan pipa tembaga dan memasangnya dengan koneksi polypenco atau vesconite. Sehingga LNB C-band LNB dapat diputar, diselipkan di cincin bola bearing. Cincin berdiameter 65mm sesuai untuk C-band.

Menghabiskan berapa biaya? Saya hanya membayar 100 Euro untuk antena dan 300 Euro untuk bagian lainnya yang dibuat sendiri. Dan waktu yang dihabiskan untuk proyek ini dengan bantuan dan kesabaran keluarga saya.

 

Sekarang pertanyaannya: apa yang dapat diterima dengan monster ini? Dari tempat saya di Johannesburg, Afrika Selatan dapat menerima C-band dari satelit Intelsat 903 di 34.5° BB, NSS7 di 22.5° BB dan Atlantic Bird di 5° BB. Piringan besar ini tidak sesuai untuk  

Sebuah hidrolik untuk menaikkan antena ke posisi vertikal

penerimaan Ku-band meskipun saya dapat menerima saluran analog dari Hotbird di 13° BT.

Diperlukan waktu empat minggu untuk memasang keseluruhan antena ini. Dengan berat total 525Kg, tidak termasuk semen. Dapatkah Anda membuat sendiri antena ini? Jawabannya adalah “ya”! Sinyal C-band yang lemah sekarang begitu kuat serta hujan dan awan tidak berpengaruh lagi. Bagi saya proyek ini sebanding dengan biaya yang dikeluarkan!

 

 top

 

Sitemap Login Print view