Informasi Lowongan Kerja

[Indonesia]   [Index]   [Cabling]   [Tracking]   [Pole Instalation]   [Miscellaneous]   [Download]   [Contact]   [Keys Section]

:: Home > Indonesia > Antena Parabola Untuk TV Satelit   ::
[20 September 2017 ] INFO *** BISS dan Tandberg Key (real time update)

Antena Parabola Untuk TV Satelit

Antenna Dish C-Band.
Parabola Mesh C-bandAda beberapa jenis antena, di antaranya adalah tipe solid, type expandmesh, single Rib, dan double Rib. untuk Tipe solid yang piringannya pada umumnya kecil. Tipe ini biasanya hanya untuk menerima siaran dengan jalur Ku-Band yang sinyalnya kuat. Namun, tipe ini kurang cocok digunakan untuk menerima siaran satelit dengan jalur C- Band seperti palapa D. Kebanyakan tipe solid ini berbusur pendek, dengan ratio F/D diatas 0.4, (dimana F= fokus dan D = diameter) sehingga banyak sinyal kotor yang tidak perlu ikut di serap.

Jika ukuranya besar, resiko tertiup angin sangat besar dan berbahaya, selain bobotnya sangat berat, harganya pun relatif mahal karena biasanya tipe solid yang besar memakai sistem Cassegrain, dan ini hanya cocok untuk stasiun bumi atau stasiun pemancar ( Up Link). meskipun tipe solid ini bisa dibuat sendiri tapi bagi amatir di anjurkan untuk membeli yang sudah jadi. karena harganya kini sudah relatif lebih murah, serta pilih kualitas yang baik.

Dish Antenna yang baik memiliki spesifikasi sebagai berikut :
 Diameter untuk menerima satelit palapa D dapat dipakai 6 kaki dimana 1 kaki kurang lebih sama dengan 30,5 cm maka 6 kaki 1,83cm, mutu antenna yang baik sangat berpengaruh untuk menangkap siaran satelite ini. Dish antenna yang baik adalah yang ringan tapi kuat, bahanya terbuat dari alumunium extrusi yang agak tebal (1,2mm) busurnya harus persis sama. Pemasangan meshnya harus rapi dan permukaan rata, pasang yang baik sehingga tahan terhadap terpaan angin dan teriknya matahari.
Efesiensi : di atas 60% (untuk semua ukuran antenna)
Gain untuk antenna 6 kaki lebih kurang 35 dbi pada frekuensi 4GHz untuk mengukurnya di perlukan test equipment dengan spektrum analyzer. untuk permasangan Feedhorn nya biasanya sudah ditentukan oleh pabrik, tapi kita juga dapat menghitungnya dengan Rumus F= d2/16d ( dimana F = fokus, D = diameter; d = dalam dari dish antenna) sehingga kedalaman dari feedhorn dapat dihitung dengan menggunakan rumus : F/D ratio ini untuk menentukan gambar.

Antenna Ku Band 

Jenis antenna ini relatif kecil berkisar antara 60cm  sampai dengan 80 cm sudah bisa di gunakan untuk menerima siaran dari satellite yang berbasis pada frekuensi ku band, dan kebanyakan digunakan untuk Tv berbayar karena di samping harganya murah dan sesuai untuk pelanggan-pelanggan sekala rumah yang dimilikinya relatif kecil atau yang tidak mau terganggu pemandangannya terkait estetika.

Antenna pemasanganya juga lebih simple dan mudah.

 

 top

 

Sitemap Login Print view