Informasi Lowongan Kerja

[Indonesia]   [Index]   [Cabling]   [Tracking]   [Pole Instalation]   [Miscellaneous]   [Download]   [Contact]   [Keys Section]

:: Home > Indonesia > Multiband versi Siberia   ::
[18 November 2017 ] INFO *** BISS dan Tandberg Key (real time update)

Multiband versi Siberia

by Nickolas Ovsyadovsky

Tele Satellite Magazine

 

 

C-band telah digunakan untuk beberapa dekade pertama di Uni Soviet, kemudian dilanjutkan oleh Rusia untuk meneruskan sinyal saluran utama seperti Perviy Kanal dan Telekanal Rossiya kepada pemancar terestrial ke seluruh negara terbesar di dunia. Dengan berkembangnya industri satelit, semakin banyak muncul satelit Ku-band, pertama – di luar Rusia, tetapi kemudian juga di posisi penting Rusia, seperti 40 derajat BT, 80 derajat BT, 90 derajat BT dst. Namun terlalu awal untuk membuang C-band tua yang bagus. Pemancar utama tidak buru-buru berpindah band, dan ini berarti bahwa paling tidak di Rusia bagian Timur masih menjadi basis C-band.

Di Rusia bagian Eropa umumnya tidak menjadi masalah untuk mendapatkan 2 saluran utama dan 2 lokal dari menara TV yang berdekatan. Jika sinyalnya terlalu lemah, solusi paling mudah adalah memasang piringan kecil dengan LNB Ku-band dan mengarahkannya ke 36 derajat BT, ke satelit Eutelsat W4, yang mencakupi Rusia bagian Eropa dengan sinyal yang cukup kuat. Paket “Tricolor”, pemirsa potensial hanya perlu membeli sebuah receiver dengan modul Z-crypt terpasang, saat ini terdapat 10 saluran. Tidak ada biaya langganan, tetapi saluran harus diacak karena alasan hak cipta. Pilihan lain adalah berlangganan paket TV-berbayar dari satelit yang sama.

Namun, situasi menjadi kurang cerah dan berkilau ketika kita ke timur melewati pengunungan Ural. Eutelsat W4 tidak dapat diterima lagi, beberapa waktu lalu proyek TV-berbayar diluncurkan dari Bonum 1 di 56 derajat BT yang memerlukan berlangganan 1 tahun, dan menjadi terlalu mahal bagi pemirsa TV golongan menengah. Di sinilah penerimaan kombinasi C dan Ku-band dapat menjadi titik terang, dan menjadi lebih atraktif, daripada beberapa ribu kilometer ke Barat.

Tentu saja, terdapat LNB kombinasi feed C-Ku band yang dibuat oleh pabrikan profesional dan dengan mudah dapat dibeli di toko satelit terdekat, tapi di mana menariknya jika harus membelanjakan hampir 100 Euro untuk sesuatu yang dengan mudah dapat dirangkai sendiri? Sebagian besar orang Rusia masih menyukai eksperimen. Hanya 20 tahun yang lalu hampir segala sesuatu yang Anda bayangkan akan lebih mudah dibuat sendiri daripada dibeli. Bahkan ketika situasi berubah secara dramatis, banyak orang masih menyukai menghabiskan waktu untuk membuat sesuatu yang unik, beberapa di antaranya menjadi penemuan yang berharga. Penerimaan satelit secara umum dan kombinasi feed C-Ku-band juga bukan pengecualian.

Hanya ambil bor dan dua LNB

Jika Anda mengambil LNB C-band yang ada dengan feedhorn terpasang, penambahan Ku-band semudah mengebor sebuah lubang dan menempelkan LNB Ku-band. Inilah bagaimana Sergey dari Omsk membuat unit kombinasinya:

Gerakkan LNB, Bukan piringan

Tetapi siapa bilang Anda harus mengebor saja? Penemuan lain yang menarik datang dari Aleksey, yang memasang satu LNB di atas LNB lainnya, dan ketika ia ingin berganti band, dia hanya perlu memilih posisi yang diinginkan pada receivernya. Actuator, yang terletak pada pemegang LNB, yang melakukan pekerjaan selanjutnya:

Sehingga, seperti yang Anda lihat, tidak begitu sulit. Anda tidak harus menjadi Albert Einstein untuk menemukan sesuatu seperti ini. Bandingkan kesenangan antara pergi ke toko dan membeli sesuatu yang orang lain juga bisa beli, dengan menciptakan solusi unik dengan tangan Anda sendiri!
 

 top

 

Sitemap Login Print view